Kadis P dan K Membuka Kegiatan Sosialisasi Bantuan Operasional Penyelenggaraan BOP PAUD Tahun 2019

authorAdministrator date19 Juni 2019 comments60 Dilihat

Bertempat di SKB Blambangan Umpu, hari Selasa tanggal 18 Juni 2019 Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Way Kanan membuka sekaligus memberikan pengarahan dalam kegiatan Sosialisasi Bantuan Opersional Penyelenggaraan (BOP) PAUD Tahun 2019.

Dalam sambutan dan pengarahannya dihadapan 150 peserta lembaga PAUD, menurut Kadis Usman Karim Jab, untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik, suatu bangsa harus mengawalinya dari anak usia dini, pada jenjang pendidikan sejak anak usia dini merupakan salah satu kunci untuk mengatasi keterpurukan bangsa, khususnya dalam menyiapkan sumber daya manusia yang handal nantinya. Pendidikan anak usia dini  merupakan upaya stimulasi lebih awal pada usia emas perkembangan otak anak, untuk itu ia meminta kepada Pengelola Lembaga PAUD untuk dapat melaksanakan tugas dan amanah yang diembannya dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab termasuk dalam mengelola BOP PAUD yang diterima oleh masing-masing lembaga.

Untuk meningkatkan layanan PAUD yang inklusif, adil dan bermutu serta berkelanjutan bagi semua anak usia dini, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2016 berupaya membantu penyediaan BOP PAUD melalui sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik. Tahun 2019 ini merupakan tahun keempat Pemerintah Kabupaten Way Kanan menerima kucuran dana tersebut sebesar Rp.7.227.600.000,-. Pada tahap pertama sudah kita salurkan pada bulan Mei 2019 sebanyak 12046 siswa yang terdiri dari 302 Lembaga PAUD Swasta dan 9 PAUD Negeri dengan jumlah Rp.3.613.800.00,-

Melalui kegiatan ini Usman Karim berharap para peserta untuk benar-benar mengikuti dan menyerap materi Pengelolaan BOP PAUD yang akan disampaikan oleh Tim Inspektorat Kabupaten Way Kanan dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Baradatu.

Tag :